Kamis, 15 Desember 2011

Gelaran Berita di ruang kantor sewaan

sewa ruang kantor Jakarta Murah, Apakah Anda memiliki Facebook? Pertanyaan ini adalah satu diantara pertanyaan yang saya ajukan kepada peserta seminar Marketing to Women: Empowering the Most Influential Market. Pertanyaan ini terutama saya ajukan untuk para perempuan yang berada di ruangan tersebut dimana secara mengejutkan semua perempuan yang saya temui selama perjalanan saya di enam kota menyatakan seluruhnya memiliki akun Facebook.


Menurut Wikipedia, Kantor Social Media is aninformation content created by people using highly accessible and scalable publishing technologies. Bisa dikatakan, secara umum, perempuan mulai dekat dengan dunia maya karena peranan jejaring sosial ini . Perempuan ternyata paling suka mengakses Facebook/Twitter selain TV dan Koran.

Dibandingkan Twitter, Facebook memiiki penggemar perempuan yang cukup banyak. Apakah perempuan-perempuan pemilik akun ini aktif mengaksesnya? Sebagian besar mereka mengatakan tidak bisa lepas dari Facebook saat ini.

Facebook dianggap menarik oleh perempuan karena memiliki fitur yang lebih lengkap dan aman. Kelengkapan fitur yang dimaksud oleh perempuan ternyata adalah status update, wall to wall conversation, chatting, picture posting, picture tagged, game dan sebagainya. Sisi aman Facebook karena mekanisme persetujuan untuk menjadi friend.

Dari 1.300 responden, diketahui ada 45 persen yang mengakses Facebook. Sementara yang mengakses Twitter sebanyak 0,5 persen.

Bertemu dan terhubung dengan teman lama, menambah teman baru, melakukan update status, berkenalan, dan memperlihatkan koneksi sosial dan foto-foto merupakan kegiatan favorit yang dilakukan perempuan di Facebook. Sebuah studi kualitatif, mengatakan bahwa Facebook dapat memenuhi keingintahuan mereka akan kondisi terkini mantan kekasih, bagaimana wajah mereka, kondisi mereka dan keberadaan mereka. Kembalinya kenangan lama melalui Facebook menjadi penting bagi perempuan.

Selain itu Facebook juga menjadi tempat untuk mempromosikan bisnis serta fitur game yang saling terhubung antar anggotanya, sehingga tercipta hubungan tiga dimensi, meskipun mereka tidak saling mengenal terutama menarik bagi ibu rumah tangga.

Baru-baru ini, sebuah majalah wanita merilis perempuan-perempuan inspiratif melalui Twitter. Fahira Idris dengan gerakan Gema Damai didukung ribuan follower-nya. Ada lagi Ainun Chomsun yang dikenal sebagai @pasarsapi dengan Akademi Berbagi, Just Silly dengan gerakan Blood for Life dan banyak lagi perempuan inspiratif lainnya di media sosial.

Kita mengenal istilah diamond is women best friend, bisa jadi ada tambahan sahabat lain bagi perempuan di Indonesia, yaitu jejaring sosial yang menjadi sahabat perempuan karena selalu mendukung dan mengapresiasi melebihi pasangannya. Marketer perlu memahami sahabat baru perempuan dan tetap bijaksana dalam menggunakan.

Beranggapan bahwa dengan menggunakan jejaring sosial bisa secara bombastis meningkatkan penjualan tentu bukan hal yang benar. Namun, jejaring sosial bisa digunakan untuk meningkatkan hubungan merek dan produk kita dengan para perempuan. Sebagai alat bantu untuk mengkomunikasikan tren terbaru yang kita ciptakan sekaligus menjaga keintiman hubungan dengan para perempuan.

Selain itu, jejaring sosial bisa digunakan sebagai media untuk Co-creation karena perempuan selalu bersuara. Dengan kemampuan mereka berbagi dan berhubungan dengan banyak orang, mereka bisa menjadi kekuatan dan modal bagi para pemasar. Sebab itu, bertemanlah dengan jejaring sosial, maka anda akan bersahabat dengan perempuan.

——————————————
Hermawan Kartajaya (Founder & CEO, MarkPlus, Inc) bersama Putu Ikawaisa Mahatrisni (Senior Research Executive, MarkPlus Insight.

Artikel di atas ini merupakan ringkasan dari artikel yang dikutip dari artikel lengkap di situs portal female kompas, 20 September 2010.

Artikel ini ditulis berdasarkan analisis hasil riset sindikasi terhadap hampir 1.300 responden perempuan di 8 kota besar di Indonesia, SES A-D, Usia 16-50 tahun, yang dilakukan bulan Mei-Juni 2010 oleh MarkPlus Insight berkerjasama dengan Komunitas Marketeers.

Tulisan 26 dari 100 dalam rangka MarkPlus Conference 2011 “Grow With the Next Marketing” Jakarta, 16 Desember 2010, yang juga didukung oleh Kompas.com dan www.the-marketeers.com

Cari ruang kantor murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar